Yang saya tulis dibawah ini adalah studi kasus nyata bagaimana saya membangun bisnis penjualan jaket Kulit saya bersama seorang sahabat di Garut. Alhamdulillah, sampai tulisan ini ditulis, usaha ini Insya Allah berkah, bisa menjadi jalan rezeki setidaknya untuk sepuluhan lebih “punggawa” (sebutan kami untuk crew) bersama para keluarganya.

Sebelumnya saya pernah menulis tentang pentingnya modal berupa ilmu daripada modal berbentuk uang, artikelnya anda bisa baca terlebih dahulu disini. Tulisan itu berdasarkan apa yang saya alami.

Kami memulai berbisnis dengan menjadi broker/calo para pengrajin jaket kulit asli digarut. Ditulisan berikutnya, Insya Allah saya share sisi teknisnya, Dalam tulisan ini saya ingin berbagi dari sisi sikap mental yang kami pegang saat memulai usaha ini.

Kami haqqul yaqin bahwa bisnis yang berkah itu tanpa Riba, menghindari riba itu wajib hukumnya, sebab kami yakin bahwa bisnis itu bukan masalah untung rugi, tapi masalah Syurga & Neraka,

Kami haqul yaqin bahwa berhutang itu bukan syarat wajib berbisnis. Bahkan hutang yang bisa menghancurkan bisnis,

Bulan pertama kami membuat web, membeli domain dan perangkat lainya hanya dengan uang sekitar 500Ribuan saja.

Bulan berikutnya, keuntungan sedikit dari bukan pertama tidak langsung kami nikmati, tapi kami investasikan untuk promosi. Begitu seterusnya. Sampai pada satu titik, kami bisa menganggarkan promo cukup besar tanpa harus berhutang.

“Menahan Keinginan, Mendahulukan Kebutuhan “

Salam Action !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here