Penyakit akut yang banyak menimpa para pelaku bisnis online adalah malas action, malas praktek. Padahal dalam Islam saja sudah ditekankan, bahwa sebuah ilmu akan menjadi berkah dan manfaat jika ia diamalkan, dikerjakan. Banyak juga diantara sahabat kita yang akhirnya jadi “ahlul Seminar” atau “ahlul Workshop”. Sering banget ikut Seminar & WS. Teriak ” Dahsyatt !!, Luar Biasa !!”  saat didalam ruangan. Besoknya bingung mulai darimana dan bagaimana untuk bisa menghasilkan uang dalam berbisnis.

So, berikut ini tips yang saya sarankan untuk anda yang Newbie, ingin memulai bisnis online, atau bisnis lainya.

1. Tanya pada diri anda : “Kenapa saya harus berbisnis?” jawablah dengan jujur pada diri anda. Jangan sampai anda berbisnis karena trendnya saja, karena terlihat gaya menjadi pengusaha. Berbisnislah karena Allah. Derajat seorang pengusaha yang Jujur adalah bersama Rasul & Syuhada di Syurga !! sebuah derajat yang luar biasa tinggi dan mulia.

Jika tujuanya hanya mencari uang, lalu apa bedanya dengan ..maaf, koruptor, pencuri dll. Pertanyaan ini juga yang akan membuat anda mengambil keputusan dengan bijak. Bekerja sebagai karyawan boleh jadi lebih mulia dan berkah buat anda, daripada anda memaksakan diri malah berdarah – darah berhutang sana sini untuk berbisnis.

2. Mulailah menyukai & mencintai apa yang dikerjakan. Mengerjakan sesuatu yang disukai, tentunya adalah idaman semua orang dalam berbisnis. Namun kenyataanya tidak semua yang kita sukai bisa menghasilkan uang & profit dalam berbisnis. Dulu saya sangat suka Fashion & Sangat tidak suka dengan dunia komputer. Saya suka banget kegiatan outdoor & sangat benci diam ditempat. Tapi kenyataanya ternyata tidak seperti itu, Dunia Fashion tidak menghasilkan uang yang cepat dan cukup buat saya. Yang membuat saya berpenghasilan cepat dan mencukupi malah dunia SEO & Komputerisasi yang dulu sangat saya benci.

Asal tahu saja : saya pernah menjadi orang yang buta komputer, bahkan cara menyalakan dan mematikan pc saja saya tidak tau. Bikin komputer orang lain rusak.wkwkwk..

3. Buang ego kita, lepaskan semua mindset yang menghalangi kita untuk bertindak. Karena saya dulu ditaqdirkan selalu menjadi leader di organisasi yang saya ikuti, mindset itu dikemudian hari pernah menjadi mental block buat saya. Saya sempat punya Mindset “Ga usah bisa komputer deh, yang penting bisa gaji orang yg pinter komputer”. Sekilas seperti benar dan gaya, namun setelah jujur mengevaluasi diri, ini hanya bentuk egoisme kita saja yang berlindung dari kemalasan belajar kita.

Seorang leader memang tidak harus bisa mengerjkan semua, karena kemampuan kita ada batasnya. Namun mengetahui apa yang dikerjakan karyawan kita menjadi point yang sangat penting kalau kita tidak ingin ditipu.

So, sehebat apapun posisi & karir anda dimasa lalu, jangan menjadi barier untuk anda berani melakukan sesuatu & belajar hal baru dalam memulai berbisnis.

4. Mulai dari hal kecil, mulai sekarang juga !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here