Tadinya saya ingin menulis dengan Judul : “ SEO VS AdWords” . Cuma karena judul itu terlalu mainstream, jadinya pake judul ini aja ya. Tulisan ini saya buat selain untuk belajar, juga semoga bisa menjawab banyak pertanyaan yang ditujukan pada saya, tentang lebih baik pake SEO atau AdWords? Khususnya para calon pelanggan jasa seo murah di bandung.
Memakai AdWords = Membeli Data
Mungkin kebanyakan orang di Indonesia berfikir, kalau beriklan di Google = langsung bisa pecah telor jualanya. Ya, tentu saja fikiran seperti itu sah – sah saja. Dan bahkan harus kita tanamkan dalam diri kiita agar ada motivasi untuk mengejar konversi yang lebih baik dari hari ke hari. Itu pada umumnya’. Lalu sebenarnya seperti apa sih? Sependek yang saya tahu, beriklan di Google baik itu SEO maupun dengan AdWords adalah sebuah proses. Yang namanya proses tentunya ada hal yang harus dilewati. Salah satu yang kadang dilupakan adalah : DATA. Data tentang siapa sih sebenanya pangsa Pasar kita, tinggal dimana, hobinya apa, usianya berapa dll. Dengan adanya data yang valid tentang  hal ini, menjadikan kita lebih mudah mengambil keputusan strategis tentang bisnis kita secara jangka panjang. Sebab, mengambik keputusan bisnis, apalagi yang menyangkut hajat hidup orang banyak mestilah berdasarkan data. Feeling juga merupakan karunia Allah yang sangat luar biasa yang dianugerahkan pada kita sebagai manusia bisa melengkapi pertimbangan kita nantinya. Bukan sebaliknya.
Data Apa Saja Yang Bisa Kita Ambil Dari Adwords ?
1.    Data Search Term. Data tentang “ Keywords apasih yang orang ketik di Google, yang memicu iklan kita tampil?” . Ini sangat saya sukai. Dan buat saya ini sangat mahal harganya. Sebab dengan adanya fitur ini, kita bisa melakukan optimasi dengan SEO gratisan di kata kunci2 tersebut.  Hal lain yang membuat ini bermanfaat adalah karena sejak 2012 data Search Term di Google Analytic banyak yang “Not Provided”. Ya, mungkin google memaksa kita secara halus untuk memakai layanan mereka yang berbayar. Tapi itu sah sah saja.
2.    Data Impression Share. Buat anda yang ingin tahu sebesar apa sih potensi sebuah kata kunci dicari di Google. Fitur ini sangat – sangat bermanfaat. Impression Share ini membuat kita bisa mengambil kesimpulan, apakah iklan kita sudah menguasai pasar di KW tertentu. JIka belum tinggal di maksimalkan, Jika sudah alias mentok..ya artinya anda harus ekspansi ke bentuk periklanan online lain.
Okeh, 2 point itu dulu ya. Silahkan fikirkan hubunganya dengan bisnis yang sedang anda jalani sekarang. Semoga Bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here