Pada artikel sebelumnya, saya sudah menulis tentang bagaimana agar tulisan kita disukai oleh manusia dan mesin pencari. Pada artikel ini, saya akan coba share langkah – langkah teknis yang sangat penting dalam kegiatan SEO kita, Yaitu Cara Memasang Title, Meta Keyword & Meta Description Pada Webesite Berbasis CMS WordPress.

Silakan sobat semua masuk ke dashboard admin WP sobat semua. Pastikan semua plugin yang sudah saya tulis pada artikel “ Plugin Wajib SEO dan security WordPress” sudah sobat semua praktekan. Jika belum, silahkan sobat baca dan praktekan terlebih dahulu artikel tersebut, karena kali ini kita akan memakai salah satu fungsi utama sebuah plugin keren cetar membahana badai yang bernama All In One SEO pack. Oya, pahami juga terlebih dahulu bagaimana “ Cara Kerja Robot Google” agar sobat semua faham dan bisa berkreasi nantinya dalam mengoptimasi halaman web sobat.

Lanjoooot..

Silakan buka artikel/halaman web sobat yang akan sobat semua optimasi On Page nya. Misalnya saya akan mengoptimasi halaman web saya yang berjudul “ini”. Sebelum melakukan optimasi saya akan lakukan terlebih dahulu mengecek quality Score halaman saya ini. Tujuannya agar nanti kita bisa lihat Before & After nya, apakah ada kenaikan score secara SEO On Page nya. Yang paling mudah sobat bisa lakukan menggunakan SEO Quake. Yang belum install di browsernya, silakan donlot dan install terlebih dahulu. Kalo sudah penampakannya akan seperti ini :

Nah, keliatan kan quality score On Page Website kita?

  1. Silakan masukan Title yang mengandung irisan kata kunci, mudah difahami manusia dan disukai google. Irisan yang dimaksud misalnya saya akan menarget kan kata kunci : “ Jual Boneka tangan, Boneka Tangan Murah, Boneka Tangan Murah di Bandung, Grosir Boneka Tangan. Ada 4 kata kunci yang dipisahkan koma dalam contoh ini. Maka saya akan membuat sebuah kalimat yang bisa merangkum semua keyword tersebut misalnya :

“Jual Boneka Tangan Murah Grosir eceran”

Kalimat ini jika kita dalam tahap SEO selanjutnya melakukannya dengan benar, maka setiap irisan kata dalam kalimat itu akan bisa terindex. Misalnya irisan kata :

Jual Boneka tangan, Boneka Tangan Murah, Boneka Tangan Murah di Bandung, Grosir Boneka Tangan. Bahkan bisa lebih dahsyat lagi seperti : Boneka Grosir, Grosir Boneka, Boneka Eceran dst.

  1. Cara Memasukan Meta Description. Meta Description dibaca oleh Robot Google dan manusia. Bisa dibilang Meta Description adalah serangkaian “kalimat sakti” yang akan membawa orang untuk bisa memutuskan apakah akan menuju Website kita atau tidak. Meta Description ditampilkan dalam halaman SERP seperti ini :

………..

Maka dari itu, buatlah meta description dengan singkat, padat, berisi kata kata hypnoselling yang memudahkan orang untuk bisa menghubungi kita.

Dalam contoh kali ini,kita saya akan membuat Meta Description seperti ini :

“Lakuaja.com 082117959278 Menjual Boneka Tangan Murah Di bandung, Bisa Grosir & Eceran. Ada diskon sangat menarik, cekidot!”

  1. Cara Memaasukan Meta Keyword. Berbeda dengan Title dan Desciption, Meta Keyword hanya dibaca oleh mesin pencari. Jadi bisa kita sesuaikan cara pengisiannya. Ada 2 pendapat yang menurut saya keduanya bisa sobat pakai. Pendapat pertama mengatakan bahwa pemsangan Meta Keyword ditulis persis dengan Keyword yang diinginkan, misalnya saya akan masukan Keyword saya seperti ini :

Jual Boneka tangan, Boneka Tangan Murah, Boneka Tangan Murah di Bandung, Grosir Boneka Tangan

               Pendapat lain mengatakan sebaiknya irisannya saja seperti ini :

Jual ,Boneka tangan Murah, di Bandung, Grosir

Saya pernah coba keduanya dan hasilnya oke. Cuma saat ini saya lebih suka memakai yang pertama dengan menuliskan Keyword yang spresifik sesuai kehendak kita.

Setelah selesai sobat lakukan ini semua, silakan cek kembali dengan SEO quake, apakah sudah ada kenaikan atau belum. Jangan malas membaca dan menerjemahkan semua advice yang diberikan SEO Quake untuk kebaikan Kualitas Website kita.

Nah sobat semua, jangan lupa praktek ya. Kalau ada pertanyaan silakan isi komentar dibawah, Mohon jangan nyepam yaa..Semangatt !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here